- ETAX-10001 : Error Database Terjadi Kesalahan, tidak dapat membentuk header lampiranPenyebab :
Posting SPT di database selain ETaxInvoice Solusi : - ETAX-10001 : Error DatabasePenyebab :
[1] File di dalam folder db ada yang corrupt atau hilang (misal : corrupt karena mengcopy data base saat aplikasi menyala) [2] Di dalam folder db tidak terdapat folder ETaxInvoice atau terdapat folder selain folder ETaxInvoice yang bukan tercreate dari proses tambah database [3] Versi aplikasi tidak sama dengan versi db [4] PC server PKP mati / Database belum distart sebagai server (dalam hal menggunakan konfigurasi network db) Solusi :
[1] Pastikan dalam folder db > ETaxInvoice terdapat folder log, seg0 dan tmp serta file db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILE, dan service.properties [2]Pastikan folder db berisi folder ETaxInvoice dengan isi folder sesuai pada nomor [1] dan tidak ada folder selain ETaxInvoice yang ditambahkan sendiri. [3] Jalankan Aplikasi saat terhubung dengan internet untuk dapat melakukan update database aplikasi. [4] Pastikan PC server menyala dan aplikasi eFaktur berjalan / Lakukan start database sebagai server dari menu File > Administrasi Db dan tekan tombol Start Db Sebagai Server - ETAX-10002 : Tidak dapat mengambil dataPenyebab :
[1] Koneksi antara server dan client terputus (Network Database) Solusi :
Pastikan PC Server dan Client terkoneksi dengan baik. Tutup aplikasi di Client, koneksi kembali ke Server dan kemudian ulangi proses - ETAX-10003 : Input ke database tidak berhasil, periksa kembali data yang akan diinputPenyebab :
[1] Koneksi antara server dan client terputus (Network Database) Solusi :
Pastikan PC Server dan Client terkoneksi dengan baik. Tutup aplikasi di Client, koneksi kembali ke Server dan kemudian ulangi proses - ETAX-10003 : Input ke database tidak berhasil, periksa kembali data yang akan diinput. "" Exception [EclipseLink-4002] (Eclipse Persistence Services - 2.5.0.v20130507-3faac2b): org.eclipse.persistence.exceptions.DatabaseException Internal Exception: java.sql.SQLIntegrityConstraintViolationException:... ""Penyebab :
[1] Merekam atau mengubah data user, referensi lawan transaksi, referensi barang/jasa di database selain ETaxInvoice. [2] Mengupdate profil PKP di database selain ETaxInvoice. Solusi :
Rekam/ubah user, referensi lawan transaksi, referensi barnag/jasa serta update data Profil hanya bisa dilakukan dari default database yaitu ETaxInvoice. - ETAX-10003 : Input ke database tidak berhasil, periksa kembali data yang akan diinput [EclipseLink-4002] (Eclipse Persistence Services - 2.5.0.v20130507-3faac2b): org.eclipse.persistence.exceptions.DatabaseException Internal Exception: java.sql.SQLDataException: A truncation error was encountered trying to shrink VARCHARPenyebab :
Ada isi data Faktur yang lebih dari 255 char baik untuk Nama Lawan Transaksi, Alamat Lawan Transaksi, Nama Barang, ataupun Referensi Solusi :
Cek faktur. Kolom Nama LT, Alamat LT, Nama Barang, Kode Barang atau Referensi tidak boleh lebih dari 255 char - ETAX-10004 : Data tidak ditemukan
- ETAX-10005 : Database tidak ditemukanPenyebab :
Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi antara lain folder DB terhapus, terkena virus yang menyebabkan aplikasi tidak menemukan posisi database e-faktur Solusi :
Pastikan Database e-faktur terdapat dalam folder DB aplikasi - ETAX-10006 : Tidak dapat menstart database sebagai network serverPenyebab :
Port yang digunakan untuk koneksi database belum dibuka Solusi :
Pastikan port yang dipakai untuk koneksi database telah dibuka - ETAX-20001 : NPWP tidak lengkapPenyebab :
[1] Merekam/mengimpor referensi lawan transaksi dengan isian npwp kurang dari 15 digit [2] Merekam/mengimpor faktur/dokumen lain dengan isian npwp lawan transaksi null atau kurang dari 15 digit Solusi :
Isikan npwp dengan benar baik di form inputan maupun di file csv yang akan diimpor - ETAX-20002 : Nomor Faktur sudah terdaftarPenyebab :
Merekam/mengimpor faktur dengan nomor faktur yang sudah pernah diinput sebelumnya Solusi : - ETAX-20003 : Nomor Faktur tidak ditemukanPenyebab :
[1] Meretur faktur eTax yang belum terapprove [2] Merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum pernah diinput ke database lokal Solusi : - ETAX-20004 : Format Angka salahPenyebab :
Isian data tidak sesuai dengan format yang ditentukan. Solusi :
Isi kolom DPP, PPN, PPnBM, Harga, Jumlah Barang, Diskon dengan angka. Jika ada nilai pecahan, gunakan : - karakter titik sebagai sebagai pemisah pecahan untuk mekanisme impor - karakter koma sebagai tanda pemisah pecahan untuk input dari interface - ETAX-20005 : Format NPWP tidak sesuaiPenyebab :
Isian data NPWP tidak sesuai dengan format dan/atau tidak sesuai dengan cek digit Solusi :
Isikan NPWP dengan angka 15 digit dan benar - ETAX-20006 : Format tanggal salahPenyebab :
Isian data tanggal tidak sesuai dengan format yang ditentukan Solusi :
Isikan tanggal sesuai dengan format yang ditentukan yaitu tanggal/bulan/tahun. - ETAX-20007 : Nomor Faktur tidak lengkapPenyebab :
Format Nomor Seri Faktur Pajak tidak sesuai dengan format yang ditentukan Solusi :
Lakukan cek ulang atas Nomor Seri Faktur Pajak yang direkam pada referensi NSFP - ETAX-20008 : Error ValidasiPenyebab :
1. Tidak mengisi inputan mandatori 2. Data inputan tidak sesuai dengan format yang ditentukan.Solusi :
[1] Pastikan mengisi semua kolom isian yang mandatory [2] Isikan data sesuai format pengisian. - ETAX-20009 : Lawan Transaksi terpakai sebagai referensi
- ETAX-20010 : Barang/Jasa terpakai sebagai referensi di Faktur
- ETAX-20011 : Tidak dapat mengupload faktur
- ETAX-20012 : NPWP terdaftar
- ETAX-20013 : Lawan Transaksi tidak lengkap Penyebab :
[1] Kolom pertama Baris LT pada file csv tidak memakai diisi LT [2] Kolom isian pada baris LT kurang atau format isi data nya tidak sesuai dengan skema impor Solusi :
Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris LT.Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP - ETAX-20014 : Nilai tidak boleh kosongPenyebab :
Field yang tertera pada pesan error belum diisi Solusi :
Pastikan data diisi dengan benar - ETAX-20015 : Belum memasukkan pilihanPenyebab :
Mengklik tombol buka SPT tanpa memilih SPT yang akan dibuka Solusi :
Untuk membuka SPT, klik baris SPT yang akan dibuka kemudian tekan tombol Buka SPT untuk Diubah - ETAX-20016 : Range nomor faktur sudah terdaftarPenyebab :
Menginputkan referensi range nomor faktur yang sama atau beririsan dengan salah satu range nomor faktur yang sudah direkam Solusi :
Periksa kembali range nomor faktur. Pastikan range yang akan direkam belum ada di daftar referensi range nomor faktur - ETAX-20017 : Nomor Faktur tidak termasuk dalam range Referensi Nomor FakturPenyebab :
Merekam atau mengimpor faktur keluaran dengan nomor yang tidak ada dalam range di referensi nomor faktur Solusi :
Periksa kembali nomor faktur yang digunakan dan pastikan nomor faktur tersebut berada dalam range di referensi nomor faktur - ETAX-20018 : Range Nomor Faktur tidak tersedia, Daftarkan Referensi Nomor Faktur terlebih dahuluPenyebab :
[1] Belum menginputkan range nomor faktur [2] Nomor faktur yang terpakai sudah sampai ke range nomor terakhir yang ada Solusi :
[1] Inputkan range nomor faktur yang diperoleh dari KPP [2] Dalam hal nomor merekam faktur dengan nomor yang terlewat dan masih didalam range, klik OK pada Error dan lanjutkan rekam faktur dengan mengisi 8 digit nomor seri secara manual atau bisa dengan melakukan impor - ETAX-20019 : Tidak bisa mengubah data. Data yang akan dihapus dipakai sebagai referensiPenyebab :
Menghapus data referensi lawan transaksi atau barang/jasa yang sudah pernah dipakai dalam pembuatan faktur pajak Solusi :
Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus - ETAX-20020 : Kode Barang/Jasa sudah terdaftar. Tidak dapat memakai Kode yang samaPenyebab :
Merekam/Impor data barang dengan kode barang yang sudah ada di referensi barang/jasa Solusi :
Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus - ETAX-20021 : Nama Barang/Jasa sudah terdaftar. Tidak dapat memakai Nama yang samaPenyebab :
Merekam/Impor data barang dengan nama barang yang sudah ada di referensi barang/jasa Solusi :
Data referensi yang sudah pernah dipakai tidak bisa dihapus - ETAX-20022 : Barang/Jasa tidak lengkap Penyebab :
[1] Baris OF pada file csv tidak memakai flag OF [2] Kolom isian pada baris OF kurang atau format isi data nya tidak sesuai dengan skema impor Solusi :
Periksa file CSV, cek kolom dan isian data pada baris OF.Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP - ETAX-20023 : Format faktur salah Penyebab :
Format isian data csv yang diimpor tidak sesuai dengan sekma impor dari DJP Solusi :
[1] Periksa kembali file csv dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP. [2] Periksa karakter pemisah (delimiter) yang dipakai, pastikan karakter pemisah pada form Impor sama dengan karakter pemisah di file CSV - ETAX-20024 : Masa Faktur tidak boleh kurang dari tanggal fakturPenyebab :
Merekam/impor faktur dengan isian masa kurang dari bulan tanggal faktur Solusi :
Pastikan masa pelaporan faktur keluaran pada form Input Faktur atau pada file csv impor diisi dengan benar - ETAX-20025 : Masa Faktur melebihi batas ketentuan pelaporan Faktur PajakPenyebab :
Merekam/Impor faktur pajak masukan dengan isian masa lapor lebih dari 3 bulan dari tanggal faktur Solusi :
Periksa masa pelaporan faktur masukan, pastikan masa lapor tidak lebih 3 bulan dari tanggal faktur - ETAX-20026 : Flag Pengganti tidak sesuai formatPenyebab :
Kolom fg_pengganti di skema impor diisi selain angka 0 dan 1 Solusi :
Isikan kolom fg_pengganti dengan : - 0 untuk faktur normal - 1 untuk faktur penganti - ETAX-20027 : Tanggal Faktur Pengganti tidak boleh kurang dari Faktur PajakPenyebab :
Tanggal Faktur Pengganti kurang dari Tanggal Faktur Pajak yang diganti Solusi :
Tanggal Faktur Pajak Pengganti minimal sama dengan Tanggal Faktur Pajak yang diganti. - ETAX-20028 : Jumlah Dpp, Ppn, PPnBm Objek Faktur tidak sama dengan nilai FakturPenyebab :
Nilai Jumlah DPP, PPN dan PPnBM pada baris FK tidak sama dengan total nilai DPP, PPN dan PPnBM pada baris OF Solusi :
Cek file CSV. Kolom Jumlah DPP/Jumlah PPN/Jumlah PPnBM baris FK nilainya harus sama dengan total nilai DPP/PPN/PPnBM pada baris Ofnya - ETAX-20029 : Masa Faktur lebih besar dari tanggal ETAXReady, Faktur harus direkam dengan ETax InvoicePenyebab :
Merekam retur manual untuk Faktur Pajak Keluaran yang seharusnya sudah menggunakan efaktur Solusi :
1. Rekam Pajak Keluaran nya terlebih dahulu dan lakukan upload - ETAX-20030 : Tanggal Retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal FakturPenyebab :
Menginput tanggal Retur lebih kecil dari tanggal faktur yang diretur Solusi :
Isikan tanggal retur lebih besar sama dengan tanggal faktur pajak yang diretur - ETAX-20031 : Masa Retur tidak boleh lebih kecil dari tanggal ReturPenyebab :
Menginput masa Retur lebih kecil dari tanggal retur Solusi :
Isikan masa retur sama dengan bulan retur - ETAX-20032 : Saldo DPP untuk retur kurangPenyebab :
Mengisi nilai DPP retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Solusi : - ETAX-20033 : Saldo PPN untuk retur kurangPenyebab :
Mengisi nilai PPN retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Solusi : - ETAX-20034 : Saldo PPnBm untuk retur kurangPenyebab :
Mengisi nilai PPnBM retur lebih besar dari nilai DPP faktur yang diretur Solusi : - ETAX-20035 : Masa Faktur kurang dari tanggal ETAXReady, Faktur Non ETaxPenyebab :
Merekam/impor faktur dengan masa pelaporan sebelum ditetapkan sebegai pengguna efaktur Solusi :
Cek tanggal faktur pajak. Faktur pajak dengan tanggal transaksi sebelum ditetapkan sebagai pengguna etax tidak bisa dibuat melalui aplikasi eFaktur. - ETAX-20035 : DPP tidak boleh lebih kecil dari 0Penyebab :
cukup jelas Solusi :
cukup jelas - ETAX-20036 : NPWP tidak terdaftar
- ETAX-20036 : PPN tidak boleh lebih kecil dari 0Penyebab :
cukup jelas Solusi :
cukup jelas - ETAX-20037 : PPnBM tidak boleh lebih kecil dari 0Penyebab :
cukup jelas Solusi :
cukup jelas - ETAX-20038 : Faktur Pajak Batal tidak ditemukan
- ETAX-20039 : Tidak ditemukan faktur yang akan digantiPenyebab :
Salah mengisi Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti Solusi :
Pastikan kembali Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti - ETAX-20040 : Faktur tidak dapat dibuat
- ETAX-20040 : Faktur tidak dapat dibuat. (Kode Jenis transaksi 07… )Penyebab :
Skema impor kolom id_keterangan_tambahan tidak diisi atau diisi tapi dengan nilai data yg tidak sesuai dengan ketentuan Solusi :
Untuk kode jenis transaksi 07/08, kolom id_keterangan_tambahan harus diisi dan nilai nya sesuai dengan ketentuan skema impor. - ETAX-20041 : Nilai DPP tidak cukup
- ETAX-20042 : Nilai PPN tidak cukup
- ETAX-20043 : Nilai PPnBM tidak cukup
- ETAX-20044 : SPT Kurang BayarPenyebab :
[1] Membuat File CSV untuk SPT Kurang Bayar tanpa merekam SSP terlebih dahulu Solusi :
[1] Dalam hal SPT Kurang Bayar, rekam terlebih dahulu SSP nya - ETAX-20045 : SPT Lebih Bayar
- ETAX-30001 : Tidak dapat melakukan enkripsi / dekripsi
- ETAX-30002 : Tidak dapat melakukan hashingPenyebab :
Sertifikat dipindah atau Folder aplikasi dipindah Solusi :
Pastikan file sertifikat ada dan tidak berpindah tempat penyimpanan. Dalam hal memindahkan sertifikat, setting kembali dari menu Administrasi Sertifikat - ETAX-30003 : Library Sigar Error
- ETAX-30004 : Error Upload Faktur
- ETAX-30005 : Error objek mappingPenyebab :
Format isian data csv yang diimpor tidak sesuai dengan skema impor dari DJP Solusi :
Periksa kembali file csv dan pastikan isian data telah sesuai dengan skema impor DJP. - ETAX-30006 : File tidak ditemukanPenyebab :
File CSV yang akan diimpor tidak ada Solusi :
[1] Periksa kembali lokasi tempat file CSV yang akan diimpor telah sesuai dengan lokasi file CSV yang ada di form Impor. [2] Ulangi kembali proses impor dengan mengklik tombol Open dan arahkan ke folder file csv yang sebenarnya. - ETAX-30007 : File tidak dapat dibaca
- ETAX-30008 : Algoritma Hash tidak ditemukan
- ETAX-30009 : Report tidak dapat dibuat
- ETAX-30010 : Disk I/O error
- ETAX-30011 : Profile Belum DiregisterPenyebab :
Belum melakukan update profile pada aplikasi e-faktur Solusi :
Lakukan update profile pada menu update profile - ETAX-30022 : File Certificate belum tersedia. Pilih file certificate terlebih dahulu di AdministrasiPenyebab :
Belum pernah mendaftarkan file certificate pada aplikasi e-faktur Solusi :
Daftarkan file Certificate yang dimiliki pada menu administrasi sertifikat - ETAX-30023 : File Certificate tidak bisa di pakaiPenyebab :
- Format Certificate Salah - File Certificate tidak ditemukan - Certificate bukan milik user terdaftar - Tidak ditemukan Certificate yang benar untuk user Solusi :
Pastikan menggunakan file sertifikat digital yang telah diberikan oleh DJP - ETAX-30024 : Harga Barang/Jasa tidak boleh lebih kecil sama dengan 0Penyebab :
cukup jelas Solusi :
cukup jelas - ETAX-30025 : Faktur sedang dalam proses upload ke DJP
- ETAX-30026 : Faktur sudah diapproved oleh DJP
- ETAX-30027 : Tanggal Faktur sebelum ETAX readyPenyebab :
Merekam / mengimpor data faktur pajak keluar dengan tanggal faktur sebelum PKP ditetapkan sebagai pengguna efaktur Solusi :
Cek tanggal faktur pajak. Faktur pajak dengan tanggal transaksi sebelum ditetapkan sebagai pengguna etax tidak bisa dibuat melalui aplikasi eFaktur. - ETAX-30028 : Tanggal salah
- ETAX-30029 : Nomor Faktur tidak benarPenyebab :
[1] Nomor faktur yang diinput tidak sesuai dengan tanggal faktur [2] Merekam/impor dokumen lain pengganti untuk dokumen lain yang belum direkam di aplikasi Solusi :
[1] Cek nomor faktur dan tanggal faktur. Faktur dengan nomor xxx-yy.xxxxxxxx hanya bisa dipakai untuk penyerahan di tahun yy [2] Rekam/Impor terlebih dahulu dokumen lain yang akan diganti. Setelah itu rekam/impor dokumen lain pengganti nya - ETAX-30030 : Nomor Retur sudah terdaftarPenyebab :
Nomor retur dan nomor faktur pajak yang diretur yang direkam/diimpor sudah ada didatabase. Solusi :
Cek kembali data dokumen retur yang akan direkam. Pastikan nomor retur dan faktur pajak nya sudah benar dan belum pernah direkam/impor sebelumnya - ETAX-30031 : Dokumen Lain tidak lengkapPenyebab :
[1] Mengisi kolom DK_DM untuk dokumen lain dengan isian selain DK / DM [2] Kolom isian kurang atau format isi data nya tidak sesuai dengan skema impor dokumen lain Solusi :
Periksa file CSV, cek kolom dan isian datanya.Pastikan sesuai dengan skema impor dari DJP - ETAX-40001 : Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice ServerPenyebab :
[1] Tidak terhubung dengan internet [2] Sertifikat Elektronik sudah expired atau direvoke. [3] Koneksi ke DJP di https://svc.efaktur.pajak.go.id diblok sehingga tidak bisa terkoneksi. Solusi :
[1] Cek koneksi internet, pastikan PC terhubung dengan internet. Apabila koneksi internet dengan proxy, pastikan sudah melakukan setting proxy aplikasi dengan benar di menu Referensi > Setting Aplikasi [2] Silahkan ajukan permintaan sertifikat elektronik yang baru. - ETAX-40002 : Error di servicePenyebab :
[1] Koneksi ke DJP di https://svc.efaktur.pajak.go.id diblok sehingga tidak bisa terkoneksi. [2] Bisa dari antivirus, firewall atau settingan proxy nya [3] Date-Time PC tidak sesuai dengan kondisi real Solusi :
[1] Silahkan hubungi Network Administrator untuk melakukan pengaturan agar dapat terhubung ke https://svc.efaktur.pajak.go.id Atau gunakan internet direct/modem untuk menjalankan eFaktur. [2] Periksa antivirus, firewall dan setting proxy pastikan koneksi ke DJP tidak diblok [3] Silahkan setting date-time PC sesuai dengan tanggal saat ini - ETAX-40003 : Error di service session
- ETAX-40004 : User tidak dapat mengakses servicePenyebab :
Salah mengisi capctha, password ataupun passphrase Solusi :
[1] Pastikan sudah menginputkan password, captcha ataupun passphrase dengan benar. [2] Pastikan PC terhubung dengan koneksi internet - ETAX-40005 : Error di service registrasiPenyebab :
Salah mengisi passphrase, kode aktivasi, captcha atau password. Solusi :
[1] Pastikan sudah menginputkan passphrase dengan benar. Dalam hal muncul error setelah merekam passphrase silahkan ulangi dari proses load sertifikat elektronik [2] Pastikan menginputkan kode aktivasi dengan benar. Kode Aktivasi berupa kombinasi huruf kapital-angka dan tanpa format. [3] Pastikan menginputkan captcha dengan benar. Jika kurang jelas, silahkan tekan tombol refresh. [4] Pastikan menginputkan password dengan benar. - ETAX-40006 : Error update
- ETAX-40007 : URL tidak sesuai dengan format
- ETAX-40008 : Versi Aplikasi E-Faktur belum terupdate
- ETAX-40009 : Tidak dapat meload konfigurasi aplikasi
- ETAX-40010 : Tidak dapat menyimpan konfigurasi aplikasiPenyebab :
Folder Aplikasi EFaktur berada di drive yang membutuhkan UAC (User Account Control) tinggi yakni Administrator. Solusi :
Pindahkan lokasi folder Aplikasi EFaktur ke drive yang tidak membutuhkan UAC Administrator. - ETAX-40011 : Tidak dapat melanjutkan
- ETAX-50001 : Tidak dapat mendapatkan summary dokumen PK PM
- ETAX-50002 : Tidak dapat membentuk SPT baru
- ETAX-50003 : Tidak dapat membentuk SPTPenyebab :
Terdapat prosedur-prosedur yang belum dilakukan dalam proses membentuk SPT Solusi :
[1] Pastikan seluruh isian data di Induk dan Lampiran AB sudah diisi dan disimpan [2] Dalam hal membuat SPT Pembetulan, pastikan SPT normal nya sudah dibuat - ETAX-50004 : Tidak dapat membentuk file CSVPenyebab :
Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum melakukan update profile Solusi :
Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap - ETAX-50005 : Tidak dapat membentuk file PDFPenyebab :
Terdapat kolom-kolom dalam aplikasi yang belum diisi dengan lengkap (misalnya: tanggal lapor) atau belum melakukan update profile Solusi :
Pastikan kolom-kolom dalam SPT Masa telah diisi dan telah mengisi profile PKP dengan lengkap - ETAXSERVICE-10001 : Error Database.
- ETAXSERVICE-10002 : Tidak dapat mengambil data.
- ETAXSERVICE-10003 : Tidak dapat mengambil data.
- ETAXSERVICE-10004 : Data digunakan sebagai referensi.
- ETAXSERVICE-10005 : Data tidak ditemukan.
- ETAXSERVICE-20001 : Nomor Faktur tidak ditemukan. Penyebab :
Faktur Pajak belum diupload oleh PKP penjual atau di DB efaktur statusnya gantung Solusi :
Pastikan PKP penjual melakukan upload Faktur Pajak Keluaran, call TIP - ETAXSERVICE-20002 : Session tidak ditemukan.
- ETAXSERVICE-20003 : Lawan Transaksi bukan ENofa.
- ETAXSERVICE-20004 : Lawan Transaksi bukan ETax user.
- ETAXSERVICE-20005 : Faktur dibuat sebelum PKP ETax.
- ETAXSERVICE-20006 : Nomor Faktur yang akan diganti tidak ditemukan. Penyebab :
Salah mengisi Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti Solusi :
Pastikan Nomor Seri Faktur Pajak yang akan diganti adalah benar - ETAXSERVICE-20007 : Tanggal Faktur Pengganti tidak boleh lebih kurang dari tanggal Faktur. Penyebab :
Tanggal Faktur Pengganti kurang dari Tanggal Faktur Pajak yang diganti Solusi :
Tanggal Faktur Pajak Pengganti minimal sama dengan Tanggal Faktur Pajak yang diganti. - ETAXSERVICE-20008 : Nomor Faktur sudah digunakan. Penyebab :
Atas Nomor Seri Faktur Pajak tersebut telah dilakukan upload. Solusi :
Ganti dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang lain - ETAXSERVICE-20009 : Flag Pengganti untuk Nomor Faktur salah.
- ETAXSERVICE-20010 : Retur Faktur untuk Faktur sudah terdaftar.
- ETAXSERVICE-20011 : Saldo DPP lebih kecil dari nilai retur. Penyebab :
cukup jelas Solusi :
Pastikan nilai retur harus lebih kecil dari Saldo DPP - ETAXSERVICE-20012 : Saldo PPN lebih kecil dari nilai retur. Penyebab :
cukup jelas Solusi :
Pastikan nilai PPN retur lebih kecil dari saldo PPN - ETAXSERVICE-20013 : Saldo PPnBM lebih kecil dari nilai retur. Penyebab :
cukup jelas Solusi :
Pastikan nilai PPnBM atas retur lebih kecil dari saldo PPnBM - ETAXSERVICE-20014 : Tidak dapat menggenerate approval code.
- ETAXSERVICE-20015 : Retur dibuat sebelum PKP Etax Ready.
- ETAXSERVICE-20015 : NPWP Lawan Transaksi tidak ditemukan. Penyebab :
NPWP lawan transaksi tidak ditemukan dalam database masterfile DJP atau merupakan NPWP NE (Non Efektif) / NPWP telah dicabut. Solusi :
Melakukan konfirmasi kepada pembeli atas NPWP yg bersangkutan. Dalam hal tidak akan melakukan pengkreditan maka dapat menggunakan NPWP 00.000.000.0-000.000. Dalam PKP pembeli akan mengkreditkan faktur pajak tersebut maka disarankan untuk mengaktifkan NPWP-nya terlebih dahulu. - ETAXSERVICE-20016 : Retur harus terdaftar di ETax Invoice DJP. Penyebab :
Lawan Transaksi adalah pengguna eFaktur dan belum mengupload Retur PM nya Solusi :
Konfirmasikan ke Lawan Transaksi untuk mengupload Retur PM nya, kemudian upload ulang Retur PK nya - ETAXSERVICE-20017 : Client tidak terdaftar. Penyebab :
Menjalankan aplikasi eFaktur yang sudah direset (status nya non aktif). Solusi :
1. Silahkan cek status aktivasi aplikasi eFaktur di efaktur.pajak.go.id halaman Profile User. 2. Dalam hal statusnya belum aktiv : - Silahkan lakukan registrasi ulang aplikasi eFaktur dengan installer yang baru. - Dalalm hal sudah menginput faktur di aplikasi yang sudah non aktif, silahkan lakukan ekspor data faktur. - File csv hasil ekspor dari aplikasi eFaktur yang sudah non aktiv, silahkan diimpor ke aplikasi eFaktur yang baru saja di registrasi. 3. Dalam hal status nya sudah aktiv : - Pastikan untuk menjalankan aplikasi dari folder aplikasi yang diregistrasi terakhir kali. - Dalam hal sudah menginput faktur di aplikasi yang sudah non aktif, silahkan lakukan ekspor data faktur untuk diimpor ke aplikasi eFaktur yang aktif. - Dalam hal aplikasi yang statusnya aktif tidak juga ditemukan silahkan lakukan reset aplikasi Client kembali dari eNofa Online - ETAXSERVICE-20018 : Client desktop aktif terdaftar lebih dari satu.
- ETAXSERVICE-20019 : Client sudah diaktifasi. Penyebab :
Melakukan registrasi aplikasi EFaktur yang sudah pernah diregister/diaktivasi sebelumnya. Terjadi karena : [1] Pada saat proses Registrasi EFaktur, PKP menjalankan aplikasi EFaktur langsung dari file installer yang masih berbentuk zip tanpa melakukan ekstrak file terlebih dahulu. [2] Menjalankan aplikasi dari folder yang berbeda dengan folder aplikasi yang dilakukan pada saat proses registrasi Solusi :
[1] Jalankan aplikasi dari folder aplikasi dengan folder db yang sudah teregister [2] Dalam hal folder db tidak ada (hilang/terhapus/dll), silahkan lakukan reset aplikasi efaktur dari akun pkp di efaktur.pajak.go.id - ETAXSERVICE-20020 : Nomor seri faktur pajak tidak valid. Nomor Pajak Bukan JatahPenyebab :
Bagi PKP penerbit: Nomor seri faktur pajak tidak valid (bukan merupakan jatah PKP yang bersangkutan) Bagi PKP pembeli: Nomor seri faktur pajak PKP penjual tidak valid Solusi :
Pastikan kepada PKP penjual atas validitas NSFP tersebut. - ETAXSERVICE-20021 : Upload Faktur Corrupt, ulang kembali. Penyebab :
Ada karakter yang bukan standar UTF-8 pada kolom inputan Nama/Alamat Lawan Transaksi, Referensi, Kode/Nama Barang. Biasanya terjadi karena pada saat input data melakukan copy-paste dari excell/word atau pun karena outputan dari sistem lain pada file csv impor faktur. Contoh : karakter ‎ Solusi :
[1] Perbaiki faktur. Pastikan menginput langsung dengan menggunakan keyboard standar US dan hindari copy-paste. [2] upload ulang faktur - ETAXSERVICE-20022 : Lawan Transaksi bukan PKP. Penyebab :
Faktur Pajak diterbitkan oleh bukan PKP. Solusi :
Faktur Pajak hanya dapat diterbitkan oleh Pengusaha Kena Pajak. - ETAXSERVICE-20023 : Faktur tidak valid, dibuat sebelum PKP. Penyebab :
Faktur Pajak diterbitkan pada saat penjual tidak berstatus sebagai PKP. Solusi :
Pastikan tanggal transaksi apakah dilakukan setelah dikukuhkan menjadi PKP atau sebelumnya - ETAXSERVICE-20025 : Tanggal Faktur Pajak lebih kecil dari tanggal Nomor Seri Faktur, Tanggal Faktur tidak dapat diterimaPenyebab :
Tanggal Faktur Pajak lebih muda dari tanggal Surat Pemberitahuan Nomor Seri Faktur Pajak Solusi :
Pastikan kembali nomor Seri Faktur Pajak digunakan setelah tanggal pemberitahuan - ETAXSERVICE-40002 : User tidak ditemukanPenyebab :
Kode Aktivasi/Serial Number yang diinputkan salah. Solusi :
Pastikan menginputkan Kode Aktivasi / Serial Number dengan benar. Kode Aktivasi/Serial Number merupakan kombinasi huruf kapital-angka tanpa format. Kode Aktivasi EFaktur bisa dilihat di efaktur.pajak.go.id menu Profil User - : Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server nullPenyebab :
[1] Setelah input passphrase muncul error ""Failed to decrypt..."" akan tetapi oleh WP diklik OK dan melanjutkan proses registrasi [2] Setelah input passphrase muncul error certificate bukan milik user kemudian mengubah NPWP sesuai dengan NPWP sertifikat dan melanjutkan proses registrasi tanpa meload ulang sertifikat. Solusi :
Pastikan untuk selalu meload ulang sertifikat elektronik apabila muncul error setelah menginputkan passprhase. - : Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server 2 counts of InaccessibleWSDLExceptionPenyebab :
pakai invisible proxy Solusi :
Silahkan gunakan internet direct/modem untuk menjalankan aplikasi eFaktur - : Failed to decrypt safe contents entry: javax.crypto.BadPaddingException: Given final block not properly paddedPenyebab :
Passphrase yang diinputkan salah. Solusi :
Pastikan untuk menginputkan passphrase dengan benar. Perhatikan huruf kapital dan huruf kecil karena passphrase case sensitive - : toDerInputStreamRejectType…Penyebab :
File sertifikat elektronik corrupt Solusi :
Unduh ulang sertifikat elektronik. Untuk memastikan sertifikat elektronik tersebut berfungsi silahkan install di PC dan impor ke browser untuk mengakses menu Permintaan NSFP dari efaktur.pajak.go.id - : Integrity check failed: java.lang.SecurityException: Failed PKCS12 Integrity Checking.Penyebab :
Sertifikat elektronik yang digunakan salah Solusi :
Pastikan untuk menggunakan sertifikat elektronik yang sesuai. Sertifikat Elektronik dapat diunduh di laman http://efaktur.pajak.go.id/ - : java virtual version 1.8.0_45, version between 1.7 and 1.7 requiredPenyebab :
bug di file ETaxInvoiceMain.config untuk installer dan update versi hingga 1.0.0.42 Solusi :
buka file di notepad, cek di belakang ""… jvm.dll"" pastikan tidak ada spasi. Jika ada spasi silahkan hapus spasi nya dan simpan kembali. Atau unduh di http://svc.efaktur.pajak.go.id/installer/mem_config.zip - : The Exe Cannot Be Modified After It GeneratedPenyebab :
Aplikasi eFaktur corrupt karena terkena virus/mallware Solusi :
Unduh aplikasi eFaktur yang baru kemudian pindahkan folder db dari aplikasi lama ke aplikasi yang baru. Pastikan untuk menjalankan aplikasi eFaktur baru di PC yang berbeda dengan PC yang sudah terkena virus tersebut - : Tidak dapat melakukan registrasiPenyebab :
File sertifikat elektronik corrupt. Solusi :
Silahkan hubungi DJP agar dapat dilakukan pengecekan dan perbaikan data. - ETAX-40005 Error di service registrasi dan ETAXSERVICE-40002 User tidak ditemukan.Penyebab : Biasanya ini terjadi karena anda salah memasukkan kode aktifasi dan atau passwprd PKP saat registrasi eFakturBerikut ini adalah solusi bagi anda yang menghadapi error seperti di atas
- Cek apakah kode aktivasi (baik yang lama atau yang baru setelah direset) benar (8 digit + huruf kapital atau 16 digit + huruf kapital bila pernah direset)
- Cek Kembali Password PKP (Apakah menggunakan huruf kapital dan perhatikan 0/nol dan O) sudah dimasukkan dengan benar dan tidak tertukarhttp://epajak.org/aktivasi-e-faktur-error-kode-error-etax-40005/
"jojon Pulang sekolah celananya robek sebelah, mentang-mentang anak pak lurah dipukuili sampai berdarah" Jadi Ingat Lagu ini, benar-benar miris klo ditilik kembali, sepertinyafenomena dlam negri kita sangat meniru gaya lagu ini. saya ingat lirk "mentang-mentang anak pak lurah dipukuilin sampai berdarah" jadi karena merasa tidak puas dengan pak lurah, maka semua kekesalan ditumpakkan pada jojon sampai berdarah... tanya kenapa kebanyakan kasus yang besar terjadi di indonesia hanya berani menghakimi orng yg menjadi bawahan, jarang orang berkuasa kena imbas... sehingga terjadi sesengak " berkuasa berarti kebal hukum" indonesia mau dibawa kemana gan...???????? Blogged with the Flock Browser
Komentar
Posting Komentar